Berbagi Info

Aneka Informasi Menarik dan Bermanfaat

Penyebab dan Cara Mengatasi Insomnia


Tidur sehatInsomnia -  adalah dimana seseorang mengalami gangguan tidur pada seseorang dimana ketika  badan dan otaknya justru dalam kondisi yang tidak lelah. Mungkin sebagian orang banyak yang sering mengalami hal ini tetapi jika anda terlalu sering mengalami insomnia atau susah tidur, hal ini dapat berdampak buruk bagi kesehatan anda karena kurangnya waktu yang cukup untuk istirahat.

Banyak yang bertanya tanya apa sih yang menyebabkan seseirang mengalami insomnia ini? Disini kami akan membahasnya lebih dalam mengenai Penyebab dan Cara Mengatasi Insomnia. Insomnia dapat terjadi akibat kita yang terlalu sering mengkonsumsi obat obatan, kelainan pada emosional anda, selalu menahan rasa kantuk yang berulang ulang juga dapat menyebabkan seseorang mengalami insomnia.

Selain itu kondisi lingkungan yang kurang nyaman juga bisa menjadi pemicu anda mengalami insomnia yang jika terjadi terlalu sering dapat membuat tubuh menjadi lemas dan tidak bergairah. Lalu bagaimana cara mengatasinya? Dibawah ini ada beberapa tips atau cara mengatasi insomnia yang dapat anda lakukan tanpa anda harus mengkonsumsi obat obatan.
Cara Mengatasi Insomnia

1. Kurangi Waktu Tidur di Siang Hari
Jika anda terlalu sering tidur pada waktu siang hari, maka pada malam harinya anda akan tidak merasa ngantuk karena anda sudah istirahat cukup pada waktu siang hari. Usahakan pada siang hari anda lakukan aktifitas seperti olahraga atau bekerja sesuai dengan pekerjaan anda sehingga pada malam harinya anda dapat tertidur pulas karena rasa cape dengan aktifitas anda seharian.

2. Jangan Mengkonsumsi Kafein Pada Malam Hari
Kafein merupakan zat yang dapat menyebabkan kita menjadi susah untuk tidur dan sebisa mungkin anda untuk menghindari minum minuman yang mengandung kafein seperti kopi pada malam hari.

3. Membaca Buku
Cara ini dapat anda lakukan dan sudah terbukti ampuh. Dengan membaca secara berulang ulang maka akan membuat mata kita menjadi lelah dan akan mengantuk dengan sendirinya.

4. Mandi Dengan Air Hangat
Mandi menggunakan air hangat dapat mengurangi ketegangan pada otot sehingga kita akan menjadi lebih rileks untuk beristirahat.

5. Jangan Merokok
Kandungan Nikotin yang terdapat pada rokok sama halnya dengan kafein. Nikotin dapat membuat anda menjadi tidak ngantuk dan kondisi ini akan memperburuk insomnia. Anda bisa saja merokok dengan catatan tiga atau empat jam sebelum waktu anda untuk tidur.

6. Relaksasi Pikiran Anda Sebelum Tidur
Buat tubuh anda senyaman mungkin ketika anda berada ditempat tidur. Jangan terlalu banyak memikirkan hal hal yang dapat membuat kita menjadi tidak bisa tidur contohnya masalah pekerjaan, masalah hutang dan lain lain yang membuat pikiran anda tidak tenang. Agar terhindar dari itu anda bisa melakukannya dengan cara mendengarkan alunan musik yang mellow atau musik musik yang dapat membuat pikiran anda merasa lebih nyaman.

7. Atur Jadwal Tidur Anda
Buatlah jadwal kegiatan anda sehari hari termasuk waktu untuk istirahat anda sehingga anda bisa melakukan rutinitas anda sebagaimana mestinya.

8. Konsultasikan Pada Dokter Jika anda Terus Saja Mengalami Insomnia
Jika anda sudah menjalani hal hal yang tercatat diatas tetapi anda masih tetapi tidak bisa tidur, anda dapat mengkonsultasikan masalah ini pada dokter langganan anda karena Tingkat keparahan Insomnia anda sudah terlalu tinggi. Insomnia yang kronis membutuhkan adanya evaluasi dari dokter.

Demikian beberapa cara yang dapat anda lakukan agar terhindar dari insomnia. Ada beberapa orang yang memang suka begadang malam, tetapi jika itu dilakukan setiap hari maka akan membuat kesehatan kita menurun dan tubuh menjadi tidak bergairah ketika kita beraktifitas pada siang hari.
0 Komentar untuk "Penyebab dan Cara Mengatasi Insomnia"

 
Copyright © 2014 Berbagi Info - All Rights Reserved
Template By Catatan Info