Berbagi Info

Aneka Informasi Menarik dan Bermanfaat

Khasiat Dan Manfaat Jeruk Nipis

Khasiat Dan Manfaat Jeruk Nipis - Jeruk nipis dikenal sebagai salah satu tanaman dengan beragam khasiat dan manfaat. Khasiat dan manfaat jeruk nipis secara alami adalah membantu meringankan batuk, memperlancar kencing dan keringat serta membantu sistem pencernaan. Selain itu masyarakat indonesia juga sering memanfaatkan jeruk nipis sebagai campuran berbagai masakan, penyegar, minuman, pembersih karat pada logam dan sebagai bahan campuran jamu. Tanaman yang mempunyai nama latin Citrus aurantifolia ini mengandung Linalool, minyak terbang Limonene dan flavonoid, seperti Poncirin, Hesperidine, Rhoifolin dan Naringin. Pada buah jeruk nipis yang sudah masak mengandung Synephrine, N-methyltyramine, Asam sitrat, Kalsium, Fosfor, Besi, serta Vitamin A, B1, dan C. Sedangkan Asam sitrat yang dikandungnya dapat mencegah kambuhnya pasian setelah operasi batu ginjal.

Khasiat Dan Manfaat Jeruk Nipis


Beberapa khasiat dan manfaat jeruk nipis antara lain :

  • Meningkatkan kinerja pencernaan. Anda dapat mencampurkan perasan jeruk nipis pada segelas air hangat jika anda menginginkan tubuh yang fit dan sehat.
  • Kandungan vitamin C pada jeruk nipis akan menghindarkan anda pada penyakit akibat dingin dan meningkatkan kekebalan tubuh dari serangan berbagai penyakit. 
  • Vitamin C dari jeruk nipis bersifat sebagai anti oksidan yang akan melawan radikal bebas yang dapat membuat kerusakan apada kulit anda, segelas minuman hangat dengan perasan jeruk nipis tentu membuat anda terbebas dari penuaan dini. 
  • Memberi perasaan kenyang, jeruk nipis juga berguna untuk menurunkan berat badan. 
  • Jika anda orang yang sering mengalami gangguan demam dan flu, maka khasiat dan manfaat jeruk nipis menjadi solusinya, anda dapat mencampurkan satu buah jeruk nipis dengan 3 siung bawang merah yang dilumatkan dan 1 sendok minyak kelapa, lalu oleskan pada kening anda. 
  • Melebatkan rambut dengan mencampurkan satu buah telur ayam kampung yang dikocok dengan perasaan air jeruk nipis. Gosokkan pada kulit kepala, tunggu sekitar 2 jam dan bilas dengan samphoo.
  • Menghilangkan bau badan, penyakit kulit, mengurangi ketombe dan rambut rontok dengan mengoleskan jeruk nipis pada tempat-tempat yang diderita.
  • Menghentikan kebiasaan merokok dengan menghisap setiap hari sebuah jeruk nipis dan minum segelas air putih.
  • Penghilang capek dan letih dengan mencuci daun jeruk nipis, daun ketepeng cina, dan daun sambiloto (masing-masing 1/3 genggam), 10 lembar daun sirih, 2 jari akar pepaya, 2 jari akar kepayang, 3 jari akar kelor, dan 10 buah cabai rawit, lalu tumbuk sampai halus. Rendam ramuan tersebut dalam 1 liter alkohol selama 7 hari. Air perasannya dapat digunakan untuk menggosok dan mengurut bagian tubuh yang sakit.

Itulah bebarapa khasiat dan manfaat jeruk nipis yang dapat anda rasakan. Selain mudah dan murah jeruk nipispun dapat anda dapatkan dan rasakan manfaatnya.
0 Komentar untuk "Khasiat Dan Manfaat Jeruk Nipis "

 
Copyright © 2014 Berbagi Info - All Rights Reserved
Template By Catatan Info