Berbagi Info

Aneka Informasi Menarik dan Bermanfaat

Cara Menghubungkan Komputer Mac ke TV

Dua Bagian :
Komputer Mac dapat melakukan banyak hal, tapi mereka bersinar lebih terang ketika mereka terhubung ke TV. Anda dapat menonton video iTunes Anda di layar lebar, mendengarkan musik pada setup home theater Anda, bermain game tanpa menyipitkan mata, dan banyak lagi. Apa yang Anda harus menghubungkan Mac Anda ke TV tergantung pada model Mac Anda dan jenis konektor pada kedua Mac dan TV. Baca buku petunjuk ini untuk mengetahui bagaimana.
Bagian 1 dari 2: Dengan Peralatan Tepat


1. Periksa jenis port video yang digunakan oleh komputer Mac Anda. Mac diproduksi setelah 2008 menggunakan Mini-DisplayPort, Thunderbolt, atau HDMI. Jenis port yang Anda miliki akan membantu menentukan jenis adapter yang anda perlukan, jika ada. Mac versi lama mungkin memiliki Mini-DVI, DVI, atau Micro-DVI yang membutuhkan adapter yang berbeda.

  • Lihat di bagian belakang dan sisi Mac Anda untuk mencari dan memeriksa semua port video yang ada. Anda juga dapat merujuk ke manual komputer Anda untuk menentukan nama dan lokasi port video.


2. Periksa TV Anda untuk menentukan jenis port video. Jika Anda tidak dapat menemukan port video di TV Anda, konsultasikan dengan menghububgi pihak  produsen TV anda,  hal ini untuk bantuan lebih lanjut. Posisi biasanya terletak di bagian belakang TV, meskipun kadang juga dapat ditemukan di samping TV.

  • Untuk HDTV, port yang paling umum adalah HDMI. Anda juga dapat menemukan DVI pada TV baru, serta dukungan legacy untuk koneksi VGA.
  • TV lama  mungkin hanya memiliki komposit (3 busi) koneksi, S-Video, atau VGA.


3. Tentukan jenis adapter yang dibutuhkan untuk menghubungkan Mac ke TV. Anda akan perlu membeli adaptor yang mendukung port video pada kedua Mac dan TV.

  • Untuk menghubungkan Mac Anda ke port HDMI di TV, Anda akan membutuhkan HDMI Mini DisplayPort-to-atau adaptor Thunderbolt-to-HDMI.
  • Jika Mac Anda memiliki Mini DisplayPort dan TV Anda memiliki VGA, Anda akan memerlukan adaptor Mini DisplayPort-to-VGA.
  • Jika Mac Anda dan TV keduanya memiliki port HDMI, Anda tidak akan membutuhkan adaptor, hanya kabel HDMI.
  • Jika Anda memiliki kabel tidak disebutkan di atas, atau hanya tidak bisa menemukan satu, pergilah ke Apple Store lokal untuk bantuan, seperti Mac Anda dapat dipersonalisasi.


4. Mendapatkan kabel video yang benar. Pastikan bahwa kabel cukup panjang untuk mencapai dari adaptor ke TV. Anda akan membutuhkan keduanya adaptor dan kabel untuk membuat koneksi (kecuali Anda menghubungkan langsung dari HDMI ke HDMI, dalam hal ini hanya kabel diperlukan). Pastikan bahwa cukup panjangnya  untuk mencapai dari adaptor ke TV. Anda akan membutuhkan keduanya adaptor dan kabel untuk membuat koneksi (kecuali Anda menghubungkan langsung dari HDMI ke HDMI, pada step ini hanya kabel yang diperlukan).


5. Dapatkan kabel audio jika diperlukan. Kebanyakan adapter tidak mendukung sinyal audio, sehingga Anda akan perlu untuk mendapatkan kabel audio terpisah. Pengecualian untuk ini adalah langsung dihubungkan ke  HDMI, atau Mini-DisplayPorts yang mendukung audio (lihat dokumentasi Mac Anda). Kabel audio yang diperlukan akan tergantung pada masukan di TV Anda.

  • Untuk kualitas terbaik, menggunakan port suara optik.
  • Tidak semua TV dukungan audio yang berasal dari sumber yang berbeda dari sinyal HDMI, sehingga Anda mungkin mengalami masalah audio jika Anda menggunakan adaptor HDMI dan mencoba untuk menggunakan kabel audio terpisah.
Bagian 2 dari 2: Menghubungkan Mac ke TV


1. Mengaktifkan TV ke input yang benar. Setiap konektor video di TV Anda dihubungkan ke input pengaturan pada TV Anda. Mereka biasanya diberi label sehingga Anda dapat dengan mudah beralih ke yang benar. Pastikan bahwa TV Anda beralih ke input terhubung ke Mac Anda.


2. Matikan Mac Anda. Hal ini tidak benar-benar diperlukan lagi, terutama untuk koneksi HDMI, tetapi yang anda harus lakukan adalah membuat mengkonfigurasi tampilan pada Mac anda  sedikit lebih otomatis.


3. Hubungkan adaptor ke Mac Anda. Masukkan adaptor Anda ke layar port yang sesuai pada Mac Anda. Pasang salah satu ujung kabel video Anda ke adaptor, dan ujung lainnya ke port yang benar di TV.

  • Sambungkan kabel audio dari jack headset Mac Anda ke input audio di TV Anda yang sesuai dengan input video Anda. Hal ini tidak diperlukan untuk koneksi HDMI langsung.

4. Hidupkan Mac Anda. Dalam beberapa kasus, layar secara otomatis akan muncul di TV. Dalam kasus lain Anda mungkin harus menyesuaikan beberapa pengaturan agar untuk muncul. Ada tiga pengaturan utama untuk menampilkan: Anda dapat memiliki rentang layar kedua layar, digandakan (cermin) di kedua layar, atau hanya memiliki satu layar yang aktif (baik laptop atau TV) [2].

  • Untuk menyesuaikan pengaturan, buka System Preferences dengan mengklik menu Apple, kemudian pilih Menampilkan.
  • Pilih tab Pengaturan. Pada bagian pengaturan, Anda dapat memilih cara yang Anda inginkan tampilan Anda dikonfigurasi.


5. Sesuaikan resolusi layar jika perlu. Sering kali, resolusi komputer Anda dan resolusi TV Anda akan berbeda. Hal ini terutama berlaku dengan TV yang lebih tua. Buka System Preferences, kemudian pilih Display. Pilih tampilan resolusi  yang ingin Anda ubah.
  • Kebanyakan HDTV dapat menampilkan hingga 1920 x 1080, meskipun beberapa terbatas pada 1280 x 720. Kedua resolusi ini memiliki 16: 9 (layar lebar) rasio aspek.
  • Jika Anda tidak melihat gambar dikenali, Anda mungkin harus memutuskan laptop Anda sementara dan mengatur resolusi sebelum menghubungkan kembali laptop Anda ke TV Anda. Jika Anda berpindah antara satu layar yang aktif, laptop Anda akan perlu memiliki resolusi yang sama seperti TV Anda.

6. Sesuaikan tingkat zoom TV Anda. Beberapa TV akan mencoba untuk mengimbangi rasio aspek yang berbeda dengan zoom gambar. Jika Anda menemukan bahwa layar Anda terputus di sekitar tepi ketika Anda melihat di TV, periksa pengaturan TV Anda untuk memastikan bahwa itu tidak diperbesar.
0 Komentar untuk "Cara Menghubungkan Komputer Mac ke TV"

 
Copyright © 2014 Berbagi Info - All Rights Reserved
Template By Catatan Info