Berbagi Info

Aneka Informasi Menarik dan Bermanfaat

Ketahui Kandungan Nutrisi dan Manfaat Buah Nanas Untuk Kesehatan

Berbagi Info - Buah Nanas adalah sejenis tumbuhan tropis yang berasal dari Negara Brasil, Bolivia, dan Paraguay. Nama latin dari buah nanas adalah Ananas comosus, buah ini termasuk jenis rumpun atau family Bromeliaceae. Buah nanas mempunyai bau aroma yang sangat khas dan tajam dengan rasa buah campuran manis dan asam kendati demikian buah yang terlindung daun berduri ini sangat menyegarkan karena mengandung kadar air yang cukup tinggi. Selain bisa dinikmati dengan cara yang biasa, Buah nanas juga bisa diolah menjadi beberapa jenis makanan seperti jus nanas, manisan, sampai keripik nanas.
Selain bermanfaat untuk dikonsumsi sebagai makanan, buah nanas juga sering dimanfaatkan sebagai bahan untuk pengobatan alternatif serta media untuk perawatan kecantikan. Hal ini karena nanas banyak mengandung zat gizi dan senyawa yang berguna dan dibutuhkan tubuh manusia.


Kandungan Nutrisi Buah Nanas
  • Buah Nanas sangat kaya akan sumber vitamin A dan C yang bersifait antioksidan. Selain itu juga mengandung kalsium, fosfor, magnesium, mangan, zat besi, thiamin, natrium, kalium, gula buah (sukrosa), serta enzim bromelain, suatu enzim protese yang mempunyai fungsi kerja pemecah atau penghancur protein. Serat yang terkandung pada Buah Nanas juga cukup banyak.

Manfaat Buah Nanas untuk Kesehatan
Tidak cuma enak dimakan, buah nanas juga bermanfaat untuk kesehatan tubuh kita. Berikut ini beberapa khasiat nanas untuk kesehatan.

Menurunkan Tekanan Darah
  • Karena kandungan kaliumnya, nanas bermanfaat membantu mengendalikan tekanan darah tinggi. Seratnya bisa mencegah penyerapan lemak di saluran pencernaan sehingga tidak terjadi penimbunan di pembuluh darah yang bisa berakibat naiknya tekanan darah.
Menurunkan Berat Badan
  • Enzim proteiolitik pada nanas menghambat penyerapan lemak dalam saluran pencernaan hingga terbuang bersama feses. Selain itu, vitamin C-nya juga menggiatkan proses pembakaran lemak sehingga tidak menumpuk di dalam tubuh.
Mengobati Asam Urat
  • Enzim bromelain dan kandungan kaliumnya membuat nanas bersifat diuretik yang efektif dalam membantu mengatasi masalah asam urat. Namun, jangan mengonsumsi nanas yang terlalu matang karena kandungan alkoholnya akan mengakibatkan kenaikan kadar asam urat.
Mengatasi Gangguan Pencernaan
  • Kandungan serat dan vitamin C pada nanas dapat membantu sembelit dan menghambat penyerapan lemak untuk kemudian dibuang keluar tubuh. Oh ya, enzim protease pada bromelainnya mampu mencerna protein.
Mengatasi perut kembung
  • Nanas mengandung bromelain, sebuah zat yang mampu membantu memecah makanan sehingga dapat mengurangi kembung dalam perut. Selain itu bromelain juga efetif untuk mengurangi peradangan setelah operasi, mengobati pembengkakan hidung saat mengalami infeksi sinusitis, dan mengurangi rasa sakit dari oesteoarthritis.
Menguatkan tulang
  • Nanas juga salah satu buah yang populer untuk membantu menguatkan tulang. Kandungan mangan di dalamnya dibutuhkan untuk membentuk struktur tulang agar lebih padat. Anda bisa memperoleh 73% kebutuhan mangan dengan mengonsumsi nanas dalam sehari.
Mencegah batuk akibat flu dan demam
  • Karena kandungan vitamin C yang cukup tinggi, nanas mampu membantu memerangi virus penyebab flu. Sekalipun Anda sedang menderita flu, cukup efektif memanfaatkan nanas sebagai obat alami. Adalah bromelain di dalam nanas yang membantu melancarkan dahak sehingga batuk lekas sembuh.
Menjaga kesehatan gigi
  • Khasiat buah nanas dapat menjaga kesehatan gigi, ini karena buah nanas mengandung vitamin C yang dapat membantu pencegahan plak pada gigi juga penyakit gusi.
Mengatasi sembelit
  • Sembelit dapat disebabkan karena kurangnya makanan berserat. Makanan yang mengandung serat dapat berupa buah-buahan, salah satunya adalah nanas. Caranya, minum jus buah nanas. Pilih buah nanas yang tidak terlalu masak. Pilih buah nanas yang masih asam.
Menguatkan kekebalan tubuh
  • Manfaat nanas yang satu ini bersumber dari kandungan asam amino esensial maupun non-esensial yang ada di dalam buah berwarna kuning cerah ini. Kedua senyawa tersebut memang sudah lama dikenal ampuh menguatkan kekebalan tubuh serta membantu tubuh mengatasi rasa lelah.
Menjaga kesehatan kulit
  • Buah nanas dapat digunakan untuk mengatasi masalah peradangan kulit. Caranya, ambil setengah bagian buah nanas yang sudah masak. Kupas kulitnya lalu parut. Pakai hasil parutan nanas untuk menggosok bagian kulit yang mengelupas dan bersisik. Lakukan kegiatan ini pada malam hari sebelum tidur. Esok harinya, baru dicuci.
Walaupun Buah nanas mempunyai begitu banyak manfaat untuk kesehatan, sebaiknya mengkonsumsi buah ini jangan terlalu berlebihan. Hal ini karena kandungan asam oskalat yang tinggi sehingga apa bila dikonsumsi secara berlebihan dapat memicu pembentukan batu ginjal. Juga kandungan kadar gula yang tinggi pada buah nanas bisa berbahaya.
0 Komentar untuk "Ketahui Kandungan Nutrisi dan Manfaat Buah Nanas Untuk Kesehatan"

 
Copyright © 2014 Berbagi Info - All Rights Reserved
Template By Catatan Info