Berbagi Info

Aneka Informasi Menarik dan Bermanfaat

Cara Membuat Infused Water dan Jenis Buahnya

Berbagi Info - Trend gaya hidup sehat terus berkembang dan hal ini mempengaruhi cara orang mengkonsumi makanan serta minuman dalam kehidupan sehari-hari. Tak hanya memunculkan banyak jenis makanan atau minuman, gaya hidup sehat juga menyentuh cara pengolahan dan penyajiannya. Tak sekadar memperhatikan pemilihan dan pengolahan makanan serta minuman, tidak hanya mengutamakan manfaat kesehatan, trend gaya hidup sehat juga merambah faktor penampilan dari sebuah makanan atau minuman. Salah satu trend gaya hidup sehat yang sedang disukai banyak orang saat ini adalah Infused Water. Infused water adalah air putih yang ke dalamnya ditambahkan rasa dan aroma buah-buahan segar dengan cara perendaman dan pendiaman secara bersama-sama dalam waktu tertentu. Proses perendaman dan pendiaman yang dilakukan pada suhu rendah menghasilkan Infused Water lebih segar dibandingkan air putih biasa.
Membuat infused water bukanlah pekerjaan yang sulit. Kita bisa menyiapkan bahan-bahannya sendiri di rumah atau di kantor dari satu atau beberapa jenis buah-buahan yang tersedia. Hanya saja buah-buahan yang bercita rasa masam dan manis banyak dipilih karena menghasilkan aroma dan rasa yang lebih menyegarkan. Buah-buahan seperti lemon, jeruk, mentimun, anggur, belimbing, strawberry bisa dipilih untuk membuat infused water. Sebaliknya buah-buahan berdaging lunak seperti pepaya, pisang dan semangka tidak dianjurkan untuk digunakan. Bukan karena kandungan gizinya namun tekstur buah-buahan tersebut mudah hancur jika direndam dalam air dalam waktu yang lama. Buah apel juga kurang baik digunakan untuk membuat infused water karenda daging buahnya akan cepat teroksidasi setelah diiris.
Infused water bisa dibuat dari satu jenis atau beberapa jenis buah-buahan. Yang harus dilakukan pertama adalah mencuci buah-buahan hingga bersih lalu memotongnya dalam ukuran yang tidak terlalu kecil. Selanjutnya potongan buah-buahan tersebut segera dimasukkan ke dalam gelas atau wadah kaca yang sebelumnya sudah diisi dengan air putih atau air mineral. Jika buah-buahan yang digunakan dominan bercita rasa masam, kita bisa menambahkan gula pasir yang sudah dicairkan. Tutup wadah kaca dan masukkan ke dalam kulkas selama 5-6 jam. Berikut adalah jenis buah-buahan yang pas dan cocok untuk dibuat sebagai campuarab Infused Water.

Jenis buah-buahan sebagai Campuran Infused Water  
1.Lemon
  • Dapat menurunkan berat badan, mengatasi mual, membersihkan kotoran dalam perut, mengatasi masalah pernapasan, mencerahkan kulit, melawan bau mulut, dll. Untuk Membuatnya, anda hanya perlu mengiris beberpa buah lemon segar, lalu memeras sari lemon, lalu dimasukan kedalam beberapa liter air putih
2.Mint
  • Dapat membuat air menjadi sedikit lebih manis, dan dapat membantu menenangkan pikiran, melancarkan pencernaan anda. Untuk Membuatnya, anda hanya perlu mengambil beberapa lembar daun mint lalu dimasukan kedalam beberapa liter air putih.
3. Mentimun
  • Dapat mengatasi dehidrasi dan berfungsi sebagai anti-inflamatory atau anti peradangan untuk tubuh. Untuk Membuatnya, anda hanya perlu mengiris beberapa buah mentimun segar, lalu dimasukan kedalam beberapa liter air putih.
4. Strawberry
  • Dapat Melindungi mata dari sinar matahari, ampuh mencegah keriput, memperbaiki sel rusak, penurunan resiko penyakit Alzheimar, Parkinson, Demenesia, dll. Untuk membuatnya, anda hanya perlu mengiris bauh strawberry tersebut, lalu dimasukan kedalam beberapa liter air putih.
5. Kiwi
  • Dapat menangkal radikal bebas dalam tubuh kita, baik untuk diet karena kandungan kalori buah kiwi rendah, menambah metabolisme dalam tubuh, dll. Untuk membuatnya, anda hanya perlu mengupas buah kiwi, lalu mengiris buah kiwi tersebut, dan dimasukan kedalam beberapa liter air putih.
6. Jeruk
  • Mengandung banyak vitamin C. Untuk membuatnya sama seperti buah lemon.

Cara Membuat Infused Water
  • Campurkan air dengan irisan buah-buahan yang anda sukai
  • Tambahkan beberapa bahan herbal ke dalam wadah tertutup seperti toples, botol.
  • Lalu simpanlah wadah di dalam lemari pendingin minimal dua jam.

Buah-buahan yang tifak cocok dibuat Infused Water
Buah yang bertekstur lembek dan mudah hancur, misalnya :
  • Pisang
  • Pepaya yang matang
  • Durian
  • Semangka
  • Nanas
Itulah jenis buah-buahan yang paling tepat untuk dijadikan infused water. Anda bisa membuatnya sendiri dirumah untuk dijadikan minuman yang menyehatkan.
0 Komentar untuk "Cara Membuat Infused Water dan Jenis Buahnya"

 
Copyright © 2014 Berbagi Info - All Rights Reserved
Template By Catatan Info